skip to Main Content
Mengejar Bentuk Tubuh Ideal (Demi Kesehatan Dan Kecantikan)

Mengejar Bentuk Tubuh Ideal (Demi Kesehatan Dan Kecantikan)

Kegemukan bagi pria dan wanita seharusnya menjadi hal yang patut dipertimbangkan dan diperhitungkan, karena kegemukan akan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Khusus bagi perempuan yang selalu memikirkan tentang kecantikan, maka kegemukan adalah faktor yang dianggap akan mengurangi kecantikan seorang wanita.

Bahaya Kegemukan

  • Munculnya penyakit kronis merupakan bahaya kegemukan yang sangat perlu diwaspadai. Penyakit-penyakit yang paling sering dikaitkan dengan bahaya kegemukan, antara lain penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, penyakit hati dan kandung empedu. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi kinerja hormon insulin penyebab diabetes, yang akan meningkatkan risiko penyakit jantungdan stroke. Lemak berlebih mengganggu jantung karena menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri. Pada wanita, bahaya kegemukan dapat mengakibatkan datang bulan yang tidak teratur dan infertilitas.
  • Orang yang terlalu gemuk lebih berisiko mengalami gangguan tidur. Salah satunya adalah sleep apnea, yaitu kondisi saat orang berhenti bernapas beberapa kali saat tidur. Ini merupakan salah satu gangguan tidur yang serius. Kondisi ini membuat kadar oksigen turun drastis, sehingga memengaruhi jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan risiko diabetes dan stroke.
  • Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Di samping itu Anda juga berisiko mengalami nyeri pada sendi lutut dan punggung akibat tubuh menopang beban yang berlebih.
  • Pada pria, kegemukan juga dapat mengakibatkan meningkatnya risiko terkena berbagai jenis kanker, seperti kanker esofagus, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker tiroid, dan kanker kolon. Sementara pada wanita, kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal, kanker kandung empedu, kanker esofagus, dan kanker rahim.
  • Remaja yang memiliki tubuh gemuk cenderung memiliki masalah psikologis dan sosial. Mereka dapat tumbuh menjadi remaja yang tidak percaya diri dan mengalami diskriminasi atau perundungan (bullying) dari teman-teman sekitarnya.

 

Penyebab Kegemukan

  • Makanan tinggi kalori dan kurangnya melakukan olahraga
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Efek samping obat-obatan (antidepresan, obat antiepilepsi, kortikosteroid, dan diabetes)
  • Komplikasi dari penyakit tertentu (sindrom Cushing dan hipotiroidisme)

 

Definisi Kegemukan

Banyak definisi kegemukan. Tapi dalam tulisan ini akan ditunjukkan perhitungan versi Berat Badan Ideal (BBI), dengan cara perhitungan yang sederhana.

Berat Badan Ideal Laki laki       =  Tinggi Badan –  100

Berat Badan Ideal Perempuan =  Tinggi Badan – 110

Kemudian dengan Berat Badan Sebenarnya (BBS).  Jika selisih antara BBI dan BBS diantara 0 sd 20 kg, maka cara mengatasinya bisa dilakukan dengan perubahan perilaku dan pola makan. Jika selisih antara BBI dan BBS sudah di atas 20 kg, maka perlu bantuan terapi, baik terapi medis maupun terapi hipnoterapi.

 

Hipnoterapi Untuk Penurunan Berat Badan

Menurut sudut pandang hipnoterapi, masalah kegemukan disebabkan oleh masalah emosi dan juga masalah pola hidup dan pola makan. Seseorang yang kegemukannya disebabkan karena adanya masalah tersebut, maka hipnoterapi adalah solusi yang tepat. Bagaimana tahapan hipnoterapi dalam mengatasi kegemukan ?

  • Tahap 1 adalah konsultasi. Dalam tahap ini bisa diambil kesimpulan penyebab dari kegemukan adalah karena sebab apa. Dalam tahap ini ditetapkan tujuan terapi dan tahapan yang akan dilalui.
  • Tahap 2 adalah pembenahan masalah emosi yang menyertai kegemukan. Bisa saja seseorang di bully atau disindir-sindir karena kegemukan, yang hal ini menimbulkan gangguan emosional. Bisa jadi kegemukan dipicu oleh makan yang disebabkan oleh tindakan untuk menghindar dari masalah sebenarnya.
  • Tahap 3 dan seterusnya adalah membenahi masalah pola hidup dan pola makan.
Share Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top