skip to Main Content
Mengatasi Kecanduan

Mengatasi Kecanduan

Fenomena kecanduan saat ini sedang membuat negeri ini prihatin. Jenis jenis kecanduan terus berkembang. Jenis kecanduan tertentu yang dulunya tidak ada sekarang ada. Kecanduan yang marak saat ini adalah kecanduan aplikasi game/medsos via gadget  dan kecanduan pornografi via gadget. Penekanannya via gadget kegiatannya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kecanduan lainnya yang secara historis sudah ada sejak dulu dan tetap menjadi masalah hingga sekarang adalah kecanduan minuman keras, kecanduan narkoba, kecanduan rokok. Dampak negatif dari setiap kecanduan ini berbeda beda tingkat keparahannya. Parahnya lagi, orang yang kecanduan biasanya tidak punya kesadaran untuk bangkit dari kecanduan. Berbeda dengan masalah phobia, dimana seorang penyandang phobia merasa sangat menderita dengan kephobiaannya dan orang tersebut ingin cepat disembuhkan. Pecandu sesuatu merasa nyaman dengan dirinya, merasa nyaman dengan benda/kebiasaannya, sehingga tidak merasa perlu disembuhkan atau diobati. Biasanya keluarga dekatlah yang berupaya melakukan penyembuhan. Kurangnya kesadaran dan kejujuran untuk terbebas dari kecanduan inilah yang secara signifikan mempengaruhi efektifitas terapi. Kalau dukungan keluarga sedemikian kuat untuk membangkitkan kesadaran seorang pecandu, maka prospek kesembuhan menjadi semakin menjanjikan.

Apa itu kecanduan?

Kecanduan secara sederhana dapat diartikan sebagai kesenangan terhadap sesuatu secara berlebihan, sedemikian sehingga orang tersebut tidak dapat mengontrol diri. Pecandu tidak dapat mengontrol dampak kecanduannya terhadap : manajemen waktu, kesehatan dan kewajiban orang tersebut di masyarakat.

Kondisi kecanduan yang terjadi pada seseorang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya, terutama kesehatan psikologis. Bukan tidak mungkin kecanduan menyebabkan perilaku, kebiasaan, bahkan fungsi otak berubah.

Kecanduan berbeda dengan kebiasaan

Tentu saja kecanduan berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Ketika Anda melakukan kebiasaan yang selalu Anda lakukan, Anda bisa menghentikannya kapan saja sesuai dengan kondisi yang terjadi. Tapi tidak dengan kecanduan, Anda benar-benar susah untuk menghentikan perilaku tersebut, entah apa yang terjadi untuk menghentikannya.

Beberapa ciri yang menunjukkan seseorang mengalami kecanduan yaitu:

  • Tidak dapat berhenti dalam melakukan suatu kebiasaan
  • Perubahan emosi yang tidak stabil
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Menimbulkan insomnia
  • Menarik diri dari lingkungan akibat mementingkan hal yang menjadi kegemarannya
  • Melakukan banyak penyangkalan dan selalu membenarkan diri terhadap apa yang dia lakukan
  • Mengalami masalah dalam hubungan asmara ataupun sosial.

Tahapan Kecanduan

  • Tahap awaldi mana keinginan terhadap objek muncul
  • Tahap kedua, mulai menyukai objek tersebut kemudian kehilangan kendali atas diri sendiri dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan objek.
  • Tahap terakhiryaitu terjadi ketika perilaku tersebut dilanjutkan menjadi sebuah kebiasaan yang susah untuk dihentikan.

Penyebab Kecanduan

Hal yang menjadi penyebab kecanduan sebenarnya adalah timbulnya rasa senang di otak. Apapun kegiatannya, entah itu hubungan seks, obat-obatan, harta yang berlimpah, ataupun makanan yang rasanya enak, akan diartikan dengan hal yang sama di dalam otak. Otak akan merespon semua kesenangan itu melalui respon yang serupa, yaitu dengan menghasilkan hormon dopamin atau hormon kesenangan. Hormon ini akan meningkat ketika Anda merasa puas, bahagia, dan senang terhadap suatu hal. Dalam kondisi ini, ternyata dopamin tidak hanya sekadar merespon kesenangan yang baru saja Anda hadapi, tetapi hormon ini juga menyebabkan timbul rasa suka yang berlebihan yang dapat mengakibatkan Anda kecanduan. Kadar dopamin yang berlebihan ini menyebabkan kecanduan.

Hipnoterapi Untuk Mengatasi Kecanduan

Orang yang kecanduan apa pun, kalau memiliki kesadaran dari dalam diri sendiri untuk berhenti dari kecanduan, maka insya Allah dapat disembuhkan. Hipnoterapi memiliki prosedur baku untuk menghentikan kecanduan. Di Sistema Hipnoterapi klien yang ingin berhenti dari kecanduan harus diawali dengan surat pernyataan di atas materai yang menyatakan kesungguhan dan tekad untuk berhenti dari kecanduan. Selanjutnya sebelum hipnoterapi dimulai klien juga harus menunjukkan kesungguhan dengan mengurangi minimal 10 % dari dosis yang biasanya dilakukan ketika kecanduan. Tahap berikutnya adalah prosedur standar hipnoterapi.

Contoh Mengatasi Kecanduan Rokok

Untuk mengatasi kecanduan roko maka tahapannya adalah sbb :

  • Klien menghadiri seksi konseling untuk mendapatkan penjelasan tentang bahaya merokok dan untuk menanyakan kesiapan/tekad berhenti merokok. Pada saat sesi konseling maka klien akan menandatangani Surat Pernyataan Berhenti Merokok.
  • Setelah sesi konseling yang pertama, selama 7 hari menjelang terapi/konseling berikutnya, klien harus merokok dengan minimal 6 merek rokok  secara acak. Dosis rokok per hari dikurangi sebatang sehari.
  • Pertemuan selanjutnya adalah sesi hipnoterapi yang antara lain akan dipakai teknis regresi dan Informed Child Technique, teknik Part Therapy / Resources Therapy dan mungkin juga akan dibantu teknik Emotion Freedom Technique dan Instant Change Technique.

Share Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top